Posted by : Rizal Maulana Ainul Yaqin Wednesday, November 14, 2012

 
Blogger dan WordPress adalah sama-sama situs penyedia blog gratis dan sangat populer di gunakan. Hari ke hari pengguna Internet semakin banyak menggunakan itu. Tapi ada hal yang membuat bingung mereka, mereka dibingungkan dengan "Blogger atau WordPress?", "Mengapa Blogger?", "Mengapa WordPress?". Hal tersebutlah yang membuat bingung para pengguna Internet. Kali ini Makarov akan memberi tahu perbedaan antara Blogger dengan WordPress di tahun 2012 ini.

Blogger :

Blogger adalah situs penyedia blog secara gratis yang di miliki oleh Google Inc. Dan yang sangat terkenal dari Blogger ini adalah benar-benar gratis!. Seperti contoh Blogger memberikan kita domain .blogspot.com secara gratis, dan kita juga bisa menggunakan domain kostum sesuai dengan domain yang kita beli. Yang terbaik dari Blogger ini adalah sangat mudah untuk menseting dan memanage blog.

Mempublis conten di Blogger sangatlah mudah. Kita tidak perlu untuk membackup database atau apapun. Dan Blogger mengizinkan kita untuk memasang iklan seperti Google Adsense, Amazon, dsb. Seperti yang kita ketahui itu Gratis!

Namun ada juga kekurangan dari Blogger seperti, 1GB Penyimpanan maksimum,  tidak ada dukungan FTP, Batasan perancangan dan banyak lagi.

Wordpress :

WordPress adalah penyedia Blog yang sangat bagus dan wordpress sangat populer dengan CMS-nya (Content Management System). WordPress dibagi dalam 2 bagian: WordPress.com dan WordPress.org self-hosted. WordPress.com adalah versi host dari WordPress.org Menyediakan platform yang gratis dengan fitur terbatas. Namun WordPress juga menyediakan Fitur Premium. Saya pribadi tidak menganjurkan sobat untuk menggunakan WordPress.com karena kebanyakan tema dan plugin tidak bekerja dengan versi gratis.

WordPress.org merupakan free open source software. Siapapun dapat men-download perangkat lunak WordPress dari wordpress.org dan menginstal pada server mereka. Ini benar-benar gratis dan tidak ada batasan untuk menggunakannya. Tapi Sobat perlu membayar biaya hosting untuk penyedia hosting sobat.

self-hosted WordPress sangat fleksibel karena open source. Sobat dapat menyesuaikannya seperti yang Sobat inginkan. Sobat sudah memilikinya di server sobat sehingga sobat memiliki kontrol penuh atas hal itu. Sobat dapat menggunakan dan menginstal tema gratis atau premium dan plugin di atasnya. Ada banyak tema dan plugin yang tersedia di WordPress. Dan memiliki SEO yang bagus, dan sobat juga dapat menentukan meta tag sobat sendiri. Dan itu memakan waktu kurang dari 5 menit untuk menginstalnya pada server Sobat.

WordPress self-hosted juga beberapa kekurangan Seperti, Sobat harus membeli hosting, nama domain. Ini akan terlihat rumit bila sobat mulai menggunakannya pertama kali. Tapi itu sangat mudah dan sobat dapat mempelajarinya dengan mudah. Sobat perlu cadangan database sendiri, Tapi itu tidak besar.


 

Jadi sobat pilih yang mana? Makarov merekomendasikan sobat yang masih pemula untuk menggunakan Blogger, disamping Gratis, blogger juga tidak terlalu rumit.

Referensi : http://www.maherhackers.com

{ 2 comments... read them below or Comment }

Feel free to comments, But don't Flood and Spaming here!

Welcome to My Blog

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Hit Counter

Voting

What do you think about my English?
  
pollcode.com free polls 

Visitor

Popular Post

Other Menu

Labels

- Copyright © Makarov's Blog - Powered by Blogger - Designed by Rizal Maulana Ainul Yaqin -