Posted by : Rizal Maulana Ainul Yaqin Friday, May 24, 2013

 
 
Hi sobat Makarov sekalian, waduh ternyata Makarov sudah jarang sekali Update blog. Tapi sekarang mumpung Makarov ada waktu, jadi Makarov sempatkan untuk update. Ok, Langsung saja ke Topik, kali ini Makarov akan posting tentang “Cara main game LAN Menggunakan Wireless (Wi-Fi) tanpa Router” Apakah sobat mengerti maksud dari topik di atas? Jika belum Makarov akan menjelaskannya terlebih dahulu.


Jadi maksud dari topik kali ini adalah memanfaatkan Wireless/Wi-Fi device pada laptop atau PC sobat. Saya percaya di jaman yang modern ini sobat sudah mengetahui apa yang disebut Wireless/Wi-Fi ini, tapi untuk pembelajaran (Karena mungkin masih ada yang belum tahu) Makarov akan menjelaskannya dengan sepengetahuan Makarov sendiri, mungkin jika kurang jelas sobat bisa berkunjung ke Wikipedia. Wireless atau yang sering disebut Wi-Fi ini adalah hardware yang menggunakan udara sebagai perantara data yang fungsinya banyak sekali, seperti untuk berbagi dokumen, data, dan bisa juga digunakan untuk berbagi Internet sesama orang yang menggunakan hardware ini. Tapi selain itu Wi-Fi juga dapat digunakan bermain game bersama. Dan Wi-Fi ini memiliki jarak jangkau yang luas, tentu saja lebih luas dari jarak jangkau Blue-Tooth apalagi Infra-red. Biasanya Wi-Fi ini memiliki jarak jangkau 50ft, tapi tergantung antena dan ruangan yang digunakan. Biasanya di sekolah atau kampus-kampus jaraknya bisa sangat luas, tapi tetap jika Wi-Fi ini ingin kita manfaatkan sebagai alat pengirim dokumen/data atau bermain game bersama, jarak paling jauh adalah 50ft dari laptop A ke B. Masih tidak mengerti tentang jarak? Beginilah gambarannya.
 
Keterangan :       N = User
                            S  = Sumber signal/Server
                            -- = Rambat Signal yang terkoneksi
                            -- = Rambat signal yang tidak bisa terkoneksi

Jika dilihat dari gambar di atas beginilah penjelasannya.
Lingkaran Oval tersebut adalah jarak jangkau standar signal wi-fi (50ft). Jika komputer-komputer berada di daerah tersebut dan terhubung dengan sumber signal (Server) maka mereka dapat berbagi file, dokumen, dan lain sebagainnya, namun bagi node (Komputer) yang berada di luar 50ft dia hanya bisa menikmati layanan internet dari Komputer server/Router saja tapi jika komputer server tidak terkoneksi ke Internet, maka tentu tidak akan bisa tersambung ke Internet. Intinya jika sobat ingin menggunakan Wi-Fi untuk berbagi file, data, dan bermain game LAN, jarak yang dibutuhkan adalah 50ft/50 kaki, tidak lebih.
Ok sekarang kita mulai ke step by step…

Oh iya karena kita tidak akan menggunakan Router jadi sobat tidak perlu takut untuk mengeluarkan modal, semuanya gratis! Asal PC/Laptop sobat ada fitur Wi-Fi nya tapi jika ingin bermain gamenya berjauhan alias 50ft lebih saya sarankan sobat menggunakan Router dan Repeater, tapi menurut saya jarak 50ft itu sudah cukup luas. Step pertama. Sobat tinggal pilih Laptop siapa yang akan dijadikan server. INGAT! Yang dijadikan server hanya satu Laptop saja! Dan disconnect komputer tersebut dari koneksi Wi-Fi lainnya (Bila ada).

Pertama klik Start lalu tuliskan “ad hoc” di kotak pencarian
 
Lalu klik pada hasil pencarian yang pertama, atau lihat gambar. Kemudian klik Next.
Step ke dua, Set nama dan Password (Jika diinginkan) Makarov menggunakan Security Type (Tipe Keamanan) “No Authentication” karena Makarov ingin membuat koneksi yang siapa saja boleh ikut. Tapi jika anda tidak ingin orang yang tidak diundang bermain, masuk dan terhubung, Makarov merekomendasikan anda untuk menggunakan WEP karena fitur WEP dilengkapi dengan Password.
 Jika sudah klik Next, dan tunggu beberapa saat hingga selesai, jika sudah klik close.
Dan selesai! Sekarang anda hanya perlu menghubungkan komputer lainnya ke Koneksi yang telah anda buat tadi, pastikan Komputer yang akan di hubungkan tidak lebih jauh dari 50ft/50 kaki, saya tidak tahu perbandingan jarak antara kaki dan meter, namun jika anda penasaran silahkan googling.




Jika semua komputer telah terkoneksi maka saatnya anda untuk bermain game! Jangan lupa Allow Access gamenya di firewall, tapi biasanya akan muncul pemberitahuan terlebih dahulu bila kali ini adalah waktu pertama anda bermain via Network/Internet. Bila muncul, maka ceklis semua list yang diberikan firewall. Dan klik Ok atau Next atau apa, Makarov lupa.



Akhir kata Makarov katakan Terima Kasih telah membaca artikel di sini, dan apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan di box komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Cheers.
 

Leave a Reply

Feel free to comments, But don't Flood and Spaming here!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Hit Counter

Voting

What do you think about my English?
  
pollcode.com free polls 

Visitor

Popular Post

Other Menu

Labels

- Copyright © Makarov's Blog - Powered by Blogger - Designed by Rizal Maulana Ainul Yaqin -